Sabtu, 20 Desember 2014

cara meningkatkan vo2 max

ilustrasi gambar:https://ekspedisikapakata2013.wordpress.com/2013/01/23/apa-itu-volume-oksigen-maximum-vo2max/
Pengertian Vo2 max.
bagi atlet yang berkecimpung di dunia olah raga khususnya yang menuntut stamina tinggi tentunya Vo2 max sangat diperhatikan baik-baik.
Vo2 max adalah volume atau kadar oksigen dalam darah.karena sumber oksigen utama adalah dari pernafasan tentunya latihan pernafasan untuk membentuk paru-paru yang kuat dan luas sangat penting.
di sini saya akan sedikit berbagi kepada teman- teman tentang beberapa tips melatih pernafasan agar bisa meningkatkan Vo2 max dalam tubuh.
selain melatih fisik dengan cara berlari jarak jauh maupun sprint melatih pernafasan juga merupakan satu dasar latihan stamina yang sangat penting.
ada beberapa tekhnik pernafasan yang bisa kita praktekan dengan mudah.
pertama duduk meditasi konsentrasi pada nafas ..tarik nafas pelan sedalam mungkin,usahakan sampai rongga dada mengembang seluas luasnya,,tahan 5 detik..hembuskan pelan pelan sampai sepanjang panjangnya usahakan rongga dada menciut seciut ciutnya..tahan 5 detik lalu ulangi dari awal sampai dada terasa fleksibel..jika dada sudah terasa rileks atau terasa melar lakukan tarik nafas sedalam dalam nya dan hembuskan sepanjang panjangnya berkali kali dengan secepat cepatnya..
ingat jika kepala terasa berkunang2 dan tubuh seperti mau pinsan jangan berhenti mendadak ..jika ingin berhenti lakukan dengan bertahap pelan pelan.jika langsung berhenti maka bisa benar-benar pinsan.
lakukan tekhnik pernafasan tersebut dengan rutin sebelum memulai latihan sprint untuk melatih kecepatan lari dan stamina yang kuat.
karena pada dasarnya secepat apapun sprint seseorang dia tak akan tahan lama jika tak mampu menyerap oksigen sebanyak banyaknya.maka dari itu paru2 yang telah terlatih mengembang akan menampung lebih banyak oksigen yang akan menyuplai keseluruh tubuh lewat darah.
dapat kita bayangkan jika kita kelelahan sa'at berlari maka sa'at kita ter engah-engah itulah respon tubuh dalam mencari kebutuhan oksigen.tentunya paru2 yang sudah terlatih akan menyerap oksigen lewat nafas lebih banyak sehingga stamina akan lebih tahan lama.
demikian sedikit pengetahuan yang bisa saya bagikan untuk teman2 semoga bermanfa'at.
ilmu ini saya dapatkan ketika masih aktif menjadi perwakilan marathon di sekolah saya dulu.
dan untuk tips melatih kecepatan sprint akan saya sampaikan pada postingan saya selanjutnya.
terimakasih.

1 komentar: